Translate

Sunday, May 5, 2013

Cara Mengatasi Windows XP yang Tidak Bisa Booting

Bagaimana Mengatasi Masalah Error Pada Window XP dimana Proses boot Xp  tidak dapat booting ,jika restart PC dengan CD Setup Windows XP maka akan muncul sebuah menu-pilih opsi ”Repair” atau tekan tombol “R” Adapun ke-11 tahap START dan Membaca BIOS adalah:
  • Master Boot record (MBR) BIOS memeriksa MBR dan memulai sekuens bootingo Error Akses ditolak muncul pesan “Missing Operating System”o Solusi Menulis Ulang MBR : Masuk ke Recovery Console dari menu Repair XP dan ketikan “fixmbr” (tanpa tanda petik)
  • Partition Boot Record (PBR) Memeriksa apakah semua file booting yng dibutuhkan tersediao Error Partisi tidak dikenali Bios melaporkan “Invalid Partition Table”o Solusi Perbaiki Dengan Test Disk : Jalankan tool Test Disk dan pilih “Fix Partition Table” atau “Recover Deleted Partition”
  • NTLoader PBR mengatifkan „ntldr.exe‟yang meload boot manager boot.inio Error File tidak ditemukan laporan “NTLDR is missing”o Solusi Mengcopy file : Ketikkan “fixboot c:” pada Recovery Console, lalu copy file „ntloader‟ dari CD Setup ke hardisk. “copy d:i386ntldr c” (tanpa tanda petik).4. Boot Menu
  • File „boot.ini‟ menampilkan menu boot, disini user memilih Windows XP.o Error File tidak ditemukan muncul pesan “invalid boot.ini”o Solusi Memperbaiki sector boot : Masuk ke Recovery Console, ketikkan “bootcfg./rebuild”
  • NTdetect Pemeriksaan semua komponen hardware yang terpasango Error Crash dengan pesan kesalahan. Anda mendapat pesan “NTLDR is missing” atau “Disk I/O Error, Error=00000 10000 NT-detect”o Solusi Mengcopy kembali file : Dalam Recovery Console, copy file „ntdetect.com‟ dari CD setup XP ke harddisk “copy d:i386ntdetect.com c:”
  • Kernel/HAL Windows Kernel dan Hardware Abstraction Layer (HAL) diaktifkano Error Crash dengan BlueScreen, Booting dihentikan dengan “BlueScreen Of Death”o Solusi Memperbaiki parisi XP : Boot PC dengan CD Setup XP dan pilih „To repair a Windows XP………..”. bila tak berhasil maka PC mesti diinstal ulang.
  • Aktivasi Driver XP mengaktifkan semua driver hardware yang dibutuhkan dan diberika status „activated‟ dalam registryo Error Crash dengan bluescreen. Anda mendapatkan pesan bluescreen “IRQ_LESS_OR_EQUAL”o Solusi Safe Mode Booting : Booting dalam Safe Mode dan singkirkan driver yang rusak. Bila tidak membantu, komponen hardware tersebut perlu disingkirkan.
  • Inisialisasi Kernel NTLoader menyerahkan kekuasaan perintah kepada kernel Windowso Error Komputer Hang. 
  •  Mengaktifkan Services Services Smss.exe,winlogon.exe,Isass.exe dan services.exe diaktifkano Error Sering kali bluescreen. Sistem crash ditandai dengan bluescreen atau pesn kesalahan yang tidak jelas, kadang Windows hang begitu sajao Solusi Melacak virus : Mungkin saja PC anda menjadi korban sebuah Trojan/virus. Booting dengan Safe Mode dan singkirkan malware ini. Bila anda tidak smpai desktop, perbaiki XP dengan CD Setup.
  •  Login Windows meminta input nama pengguna dan passwordo Error Tidak ada akses. Muncul pesan kesalahan “Incorrect user name or password”o Solusi Reset Password : Bila anda memiliki sebuah disket password reset, dengan itu anda dapat mengakses PC. 
  • 11. XP Siap Bekerja Desktop,Icon dan Program-program startup diloading. Setelah itu Windows siap bekerjao Error Berbagai kesalahan dapat muncul : Hang, BlueScreen (disini semua dapat terjadi)o Solusi

sumber : http://www.slideshare.net/veea84/tips-mengatasi-bluescreen-pada-laptop

0 comments:

Post a Comment