Translate

Saturday, July 13, 2013

Apa itu Bandwidth


Mengenali Apa itu Bandwidth

Bandwidth  ( Data Transfer atau Site Traffic atau lebar data) merupakan lebar data yang memungkinkan anda bisa mengakses internet atau data yang  keluar masuk/upload download ke komputer kalian atau data elektromaknetik yang memungkinkan kalian terkoneksi dengan ribuan jaringan komputer diseluruh dunia.
Bandwidth dapat juga diibaratkan diameter selang air. Semakin besar diameter selang air tersebut maka akan semakin besar kapasitas/volume air yang bisa dialirkan dalam setiap detiknya.

Bandwidth Terbuat Dari apa ??
 Data Bandwidth terbuat dari aliran listrik (gelombang elektromagnetik) yang membentuk kode biner 0 dan 1 kemudian kode biner tersebutlah yang membentuk rangkaian kode mesin yang diterjemahkan kedalam komputer oleh sistem operasi. Kemudian untuk Bandwith wireless(tanpa kabel atau lewat udara)
gelombang elektronik tersebut dicode ulang kedalam bentuk gelombang radio yang kemudian oleh modem (modulator and demodulator) diterjemahkan lagi kedalam bahasa mesin yang bisa dibaca oleh sistem operasi.

 Dalam jaringan komputer, bandwidth sering digunakan sebagai sinonim untuk data transfer rate - jumlah data yang dapat dibawa dari satu titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya satu detik). Jenis bandwidth biasanya dinyatakan dalam bit (data) per detik (bps). Kadang-kadang, itu dinyatakan sebagai byte per detik (Bps). Modem biasanya bekerja di 57.600 bps. Secara umum, link dengan bandwidth yang tinggi adalah salah satu yang mungkin dapat membawa informasi yang cukup untuk mempertahankan suksesi gambar dalam presentasi video.Dalam komunikasi elektronik, bandwidth adalah lebar kisaran (atau band) frekuensi yang sinyal elektronik menggunakan pada media transmisi yang diberikan. Dalam penggunaan ini, bandwidth dinyatakan dalam perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tertinggi dan komponen sinyal frekuensi terendah. Karena frekuensi sinyal diukur dalam hertz (jumlah siklus perubahan per detik), bandwidth yang diberikan adalah perbedaan hertz antara frekuensi tertinggi sinyal menggunakan dan frekuensi terendah yang digunakannya. Sebuah sinyal suara khas memiliki bandwidth sekitar tiga kilohertz (kHz 3). 


Contoh penggunaan Bandwidth :
Sebuah koneksi memiliki Bandwidth Internet 512-kbps (kilo bit per second). Artinya adalah dalam satu detik  Sistem Koneksi Internet tersebut mampu mentransfer data maksimal sampai 512-kb (kilo bits) atau 64-kB (kilo Bytes). Dalam dunia internet, Bandwidth merupakan suatu yang sangat penting dan hal pokok bagi kenyamanan pengguna internet. Hal tersebut karena besar kecilnya Bandwidth langsung berkaitan dengan Kecepatan Browsing, Kecepatan Membuka Halaman Web, Kecepatan Download atau Kecepatan Upload File. 

0 comments:

Post a Comment